Facebook adalah jejaring sosial, bukan jejaring belanja, jadi mengapa bisnis menghabiskan sumber dengan membangun dan memelihara Halaman Fan di Facebook? (Halaman Fan, adalah profil yang sering digunakan untuk bisnis atau organisasi daripada individu.) Karena, meski member tidak ingin membeli apapun di Facebook, hubungan yang Anda bangun dan komunitas yang Anda rintis bisa menguntungkan bisnis Anda dengan cara yang tidak terhitung,termasuk facebook,terlebih smedia sosial ini dari tahun 2008 hingga saat ini masih populer digunakan oleh masyarakat.berikut “pembuatanwebsitesurabaya.net” mengutip informasi dari Kompas.com;
KOMPAS.com Sebagian besar pengguna internet di Indonesia gemar membuka situs jejaring sosial Facebook. Bahkan, jumlahnya melebihi jumlah keseluruhan pengguna internet di tahun 2012.
Menurut pihak Facebook, seperti yang tertuang dalam siaran pers yang KompasTekno terima, Jumat (20/9/2013), jumlah pengguna Facebook per hari asal Indonesia mencapai angka 33 juta orang. Pengguna yang mengakses Facebook via mobile setiap harinya mencapai angka 28 juta.
Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook via situs web di Indonesia mencapai 65 juta orang. Pengguna yang secara aktif membuka Facebook via mobile tercatat sebanyak 55 juta orang.
Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook ini telah melebihi total keseluruhan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun lalu, jumlah pengguna dunia maya di Indonesia kurang lebih sebanyak 63 juta orang.
Facebook sendiri saat ini memiliki 1,15 miliar pengguna di seluruh dunia. Pengguna aktif harian Facebook secara global per Juni 2013 lalu mencapai 699 juta orang. Lima negara dengan pengguna terbanyak berasal dari Amerika Serikat, Brasil, India, Indonesia, dan Meksiko.
Di tahun 2016 pun pengguna facebook masih sangat banyak,
KOMPAS.com — Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah RGA Facebook terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif bulananFacebook di Tanah Air mencapai kisaran 82 juta orang pada kuartal-IV 2015.
Hal tersebut disampaikan oleh Business Group Head Facebook Reynold D’Silva saat berbicara dalam jumpa pers di sela acara industri marketing Mobile Moves People di Jakarta, Kamis (14/4/2016).
“Jumlah itu tumbuh dari 77 juta pengguna yang tercatat setahun sebelumnya,” ujar D’Silva yang mengutip informasi dari data internalFacebook per Maret 2016.
Angka yang disebutkan D’Silva mendekati jumlah keseluruhan pengguna internet di Indonesia pada 2015, sebesar 88,1 juta atau 34,9 persen dari total 252,4 juta penduduk. Dengan kata lain, hampir semua pengguna internet Indonesia turut memakai Facebook.
D’Silva mengungkapkan bahwa sebagian besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook Indonesia mengakses jejaring sosial tersebut dari perangkat mobile.
Dari data diatas membuktikan bahwa facebook masih bisa kita optimalkan sebagai media penunjang pemasaran dan penjualan usaha kita melalui fan page nya.hal inilah yang mendasari kami “Avicenna webdesain /pembuatan websitesurabaya.net” mengulas sedikit tentang cara mengoptimalkan fan page facebook untuk menunjang bisnis anda,berikut ulasanya;
Mendorong Trafik ke Web Anda
Tidak ada batasan pada Halaman Fan untuk mendorong trafik ke website. Nyatanya, Facebook mendorong Anda untuk memberikan link ke website Anda melalui Halaman Fan Anda. Mengarahkan, meski dalam porsi kecil Facebook dalam trafik harian ke website Anda akan meningkatkan jumlah trafik yang signifikan.
Tip: Mengubah member Facebook sebagai Fans, Fans menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi Fans dengan lintas promosi Halaman Fan dan website Anda. Berikan link Halaman Fan ke website Anda dan sisipkan widget Facebook di site Anda untuk kembali memberikan link ke Halaman Page Anda.
Membangun Jaringa Bisnis Anda Di Web
Membuat Halaman Fan memberikan bisnis dan brand Anda pengenalan branding di Web, dimana prospek, pelanggan, calon karyawan, vendor, bahkan media bisa menemukan informasi mengenai perusahaan serta produk dan jasa yang Anda tawarkan. Berbeda dengan Profil personal Facebook, dimana hanya member yang bisa mengakses, Halaman Fan Facebook secara default dilihat oleh publik; dimana orang tidak perlu masuk ke Facebook untuk melihat bisnis atau brand di Halaman Page, jadi akan semakin banyak orang yang mengakses informasi yang Anda post-kan.
Tip: Untuk menghemat waktu meng-update Halaman Fan, buat RSS feed di tab Halaman Note untuk menarik entri dari blog bisnis yang sudah ada. Selama post blog Anda tidak “menjual” secara berlebihan, konten tambahan bisa diterima dengan baik.
Mendongkran SEO Anda
Google, melalui fitur baru Social Search, serta search dan decision engine sekarang membuat indeks konten yang dibuat di situs seperti Facebook, demikian juga dengan konten Halaman Fan Anda berpotensi untuk memberikan hasil search engine bagi bisnis dan brand Anda. Dengan memberikan link Halaman Fan Anda ke website Anda, Anda bisa mendongkrak Social Search untuk mengarahkan lebih banyak trafik Facebook ke situs Anda.
Langsung Menghubungkan Anda dan Staff ke Pelanggan atau Fans
Halaman Fan Facebook langsung memberikan jalur kepada Fans Anda. Anda bisa mengirim pesan pada Fans sekaligus atau membidik individu atau kelompok berdasarkan negara, bagian, kota, gender, dan bahkan rentang usia. Dengan menggunakan Events App, Anda bisa menjadwalkan event istimewa atau promosi dan kemudian mengundang Fans yang tinggal atau berdekatan dengan kota dimana acara diselenggarakan. Facebook menyediakan banyak hal dan masih banyak lagi fitur gratis untuk digunakan dalam bisnis.
Memungkinkan Anda Lebih Dekat Dengan Komunitas Dengan Mudah dan Gratis
Halaman Fan Facebook memberikan alternatif yang murah (gratis) untuk menerapkan penggunaan pelanggan pada situs Anda. Dalam waktu singkat, Anda bisa memiliki Halaman Page dengan branded dimana pelanggan dan brand lain bisa mempostingkan ke Wall Facebook Anda, berbagi foto dan video, mengajukan tanya-jawab, dan berinteraksi dengan Anda serta yang lainnya. Membuat dan mengelola Halaman Fan, lengkapi dengan tab Discussion, lebih mudah daripada membuat dan memonitor forum diskusi atau papan pesan pada domain Anda.
Menyediakan Ladang Pembibitan Dan Platform Brand
Hanya 25 persen member Facebook ingin ditawari sebagai sasaran penjualan, tapi prosentase yang lebih besar adalah mereka yang mengakui mutu perusahaan atau produk pada teman-teman mereka di Facebook Friends. Membangun hubungan yang kuat dengan sejumlah member yang berpengaruh dengan banyak koneksi, dan Anda mendapatkan pengakuan brand yang tidak ternilai yang secara langsung memasarkan atau menjual atas nama diri Anda.
Tip: Saat Anda memposting update di Page’s Wall, atau saat Fan berinteraksi dengan Page Anda, interaksi ini muncul di Fan’s News Feed, mencapai Fans potensial lebih banyak (msl., Fan Facebook Friends Anda), membuat Facebook sebagai alat marketing yang berbasis online saat ini.
Memperkuat Hubungan Pelanggan
Anda bisa memperdalam hubungan Anda dengan pelanggan secara signifikan melalui hubungan sosial daripada bisnis dan tidak menjual. Member Facebook mungkin tidak belanja di Facebook, tapi 90 persen dari mereka mengharapkan bisnis dan organisasi yang mereka ajak kerja sama memiliki Halaman Fan Facebook.
Sudah Tersedia Matriks yang Terkait Dengan ROI
Alat Page Insight di Facebook dan dashboard memfasilitasi analisa marketing dan komunikasi dengan membuka data untuk berinteraksi (Komentar, Pos Dinding, dan “Suka”); pos yang dibahas, review, dan sebutan; demografis Fan (gender, usia, lokasi/distribusi geografis); dan sebagainya. Alat ini meningkatkan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi dan menentukan target demografis yang spesifik dan mengukur ROI.
Tip: Gunakan matrik Facebook yang powerful, bersamaan dengan informasi yang Anda kumpulkan dari Halaman Fan, untuk mengembangkan pesan kustom dan langsung berbicara mengenai kebutuhan Fan, yang disesuaikan dengan gaya komunitas, dan mendukung tujuan dan sasaran bisnis yang getok-tular.
Mendenganrkan dan Pengamatan Berpotensi Untuk Meningkatkan Usaha Anda
Dalam setting sosial seperti Facebook, pelanggan dan prospek berbagi informasi dengan Anda dan yang lainnya terkait dengan produk dan jasa yang mereka sukai, pengalaman baik dan buruk yang mereka alami dengan bisnis atau pesaing Anda, dan kebutuhan mereka yang belum terpenuhi. Setiap kali Fan berinteraksi dengan Page Anda, Anda mendapatkan informasi yang sangat berarti.
Tip: Dengan menggunakan default, Halaman Fan Facebook mencakup Discussion tab. Membuka diskusi untuk sumber data pasar yang berharga dan ide-ide untuk meningkatkan bisnis Anda.
Memungkinkan Anda Untuk Tetap Berpaju Dengan Kompetisi yang Gratis
Masih belum yakin dengan Halaman Fan? Maka pertimbangkan kompetisi. Bahkan, salah satu kompetitor Anda merilis Halaman Fan yang sukses, dimana kompetitor bisa menyudutkan pasar di Facebook dan membangun terlebih dahulu jauh sebelum Anda. Pertaruhkan klaim gratis Anda terlebih dahulu untuk menetapkan bisnis Anda sebagai pendahulu industri sebelum dilakukan oleh kompetisi.
Oleh: Mikal E. Belicove rekan penulis ‘The Complete Idiot’s Guide to Facebook’ dengan Joe Kraynak (Penguin Group USA/Alpha Books, 2010), dan sebagai ahli strategi bisnis dengan spesialisasi pengembangan, analisa pasar, dan penyampaian/penempatan individu dan bisnis di semua ukuran. Buku terbaru Belicove, ‘2009 Internet Directory: Web 2.0 Edition’, tersedia di berbagai toko buku, dan Anda bisa membaca kolom bulanan di marketing media sosial dan promosi website, manajemen, kemampuan yang digunakan, dan desain di majalah Entrepreneur.
Sumber: entrepreneur.com
Dan berikut pembuatanwebsitesurabaya.net akan memberikan beberapa tips untuk mengelola fan page facebook dengan baik;
Rencanakan dan jadwalkan update status
Rencanakan postingan status yang baru di facebook secara berstruktur. Ada baiknya Anda menyiapkan list status yang ingin dibagikan dan selanjutnya melakukan penjadwalan update secara terjadwal. Disini pelaku bisnis bisa memanfaatkan hootsuite untuk menjadwal update status di Fanpage Facebook yang Anda miliki.
Gunakan gambar
Update status yang Anda lakukan akan mendapatkan lebih banyak eksposur jika Anda menggunakan foto atau gambar yang menarik, namun jangan terlalu juga membebani halaman dengan gambar.
Foto atau gambar akan membuat Anda memperoleh eksposur, ada kemungkinan juga mereka membuat orang merasa bahwa halaman fanpage Anda adalah spamer, jadi cermatlah dalam memilih dan juga menggunakan gambar. Sebaiknya gunakan gambar dengan ukuran 403 x 403 piksel sehingga bisa terlihat sempurna di Facebook Timeline dan gunakan gambar dengan resolusi bagus.
Jangan sepelekan cover photo
Kesan pertama merupakan salah satu hal yang paling penting. Foto sampul yang Anda pergunakan haruslah menarik dan juga jelas sehingga dapat mewakili siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.
Gunakan tab kustom
Tab custom dapat pelaku bisnis online gunakan untuk mengajak para penggemar Fanpage Facebook Anda bergabung dengan Anda, belajar mengenai penawaran khusus, promosi maupun penyelenggaraan kontes. Gunakanlah tab custom untuk bisa meningkatkan pemasaran dan membuat promosi penjualan yang lebih menarik lagi.
Hargai komentar dari penggemar
Menjawab komentar atau pertanyaan dari para penggemar dapat memberikan ajakan untuk bisa terus berinteraksi dengan Fanpage Facebook yang Anda kelola. Janganlah pernah menyepelekan respon dari para penggemar Anda, bahkan komentar pendek sekalipun.
Bertanya
Setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengajukan pendapatnya, sering-seringlah mengajukan pertanyakan yang bisa memancing terjadinya interaksi dengan para penggemar Anda. Jangan lupa untuk menghargai setiap respon yang mereka berikan.
Call to action
Jika Anda ingin status yang Anda update secara rutin mendapat like, komentar maupun dibagikan, maka janganlah segan untuk mengajak penggemar melakukannya. Tentu saja Anda harus yakin bahwa status yang Anda bagikan bisa memberikan manfaat bagi mereka sebelum mengajak penggemar untuk memperluas promosi Anda.
Awasi kompetitor Anda
Dalam dunia bisnis, mengawasi apa yang dilakukan oleh para kompetitor merupakan hal yang sangat penting. Amati kelebihan dan juga kelemahan dari mereka kemudian gunakan metode amati, tiru dan modifikasi, jadi fanpage Anda akan lebih competitive.
Short and simple
Banyak sosial media marketer yang menyarankan bahwa status dengan karakter sekitar 100-150 merupakan penyajian status yang terbaik. Meskipun status yang panjang juga tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengundang perhatiaan para penggemar. Lakukan analisa mengenai status seperti apa yang biasanya mendapat respon lebih banyak dari penggemar Fanpage Facebook Anda terutama ketika Anda berpromosi.
Demikian pembuatanwebsitesurabaya memberikan tips dan informasi ini,semogga bisa bermanfaat bagi para pembaca,terimakasih..